Sabtu, 02 Juli 2011

Bahaya Hidroquinon ......!


Saat ini hidrokuinon masih digunakan sebagian produsen pemutih karena hidrokuinon mampu mengelupas kulit bagian Iuar dan menghambat pembentukan melanin yang membuat kulit tampak hitam. Namun, menurut ahli kosmetik di Rumah Sakit Kramat 128, Jakarta Pusat, pcnggunaan hidrokuinon dalam kosrnetika bebas tak boleh lebih dari 2. persen.t'Hidrokuinon tidak boleh digunakan dalam waktu yanglama, dan jika pemakaiannya lebih dad 2 persen, haws di bawah kontrol dokter.

Penggunaan hidrokuinon yang berlebihan bisa menyebabkan oockronosis terhadap orang berkulit gelap," Oockronosis adalah kulit berbintil seperti pasir dan berwarna coklat kebiruan, Penderita oockronosis akan merasa kulit seperti terbakar dan gatal. (http://trianaaiyaka. wordpress.com/Zunx/Oz/ Io/pemutih)

Zat aktif yang sering digunakan dalam produk pemutih kulit/bleaching ini pada dasarnya dari penelitian awal cukup efektif menghilangkan flek gelap atau warna tak merata pada kulit. Hidrokuinon bekerja dengan menghalangi pengeluaran melanin oleh melanosit yang terletak pada lapisan epidermis kulit, sekaligus menembus lapisan kulit dan menyebabkan penebalan pada lapisan kolagen.

Warna kulit manusia yang tidak terbentuk secara seragam antara satu dengan yang lain sendiri dibentuk oleh peranan kombinasi berbagai pigmen seperti karoten yang memberikan warna kuning, oksihemoglobin terhadap warna merah, biru oleh hemoglobin tereduksi serta coklat oleh pigmen melanin. Perbedaan warna kulit ini juga disebabkan perbedaan ukuran dan kemampuan produksi pembentuk pigmen dan dapat berubah akibat beberapa faktor seperti smar matahari/ultraviolet, genetik, obat-obatan, makanan, penyakit, penggunaan kosmetik dan sebagainya.

Melanin yang berperan besar dalam penentuan wama kulit dimana semakin banyak pigmen ini semakin gelap pula warna kulit, dibentuk oleh sel melanosit yang banyak terdapat di daerah anogenital, ketiak, puting susu, kemudian wajah dan sedikit pada lengan atas bagian dalam, Selain sebagai pembentuk wama tadi, melanin palingdiperlukan sebagai pelindung kulit terhadap pengaruh panas dan beberapa faktor lain.

Ini menjadikan cara kerja hidrokuinon yang sering dianggap cukup instan itu, sedikit banyak menjadi kontradikrif terhadap perlindungan pada kulit. dimana pernbentukan melanin seharusnya tidak secara signifikan dihambat kanona berarti menghilangkan barrier atau protektor terhadap organ di bawah kulit seperti pembuluh darah yang bisa langsung melebar saat terpapar panas berlebihan, dan secara tidak langsung faktor-faktor penuaan dini dan bisa juga dalam beberapa konteks, terjadinya keganasan pada kulit.

Karena alasan ini sekarang para ahli sangat menganjurkan untuk memperhatikan petunjuk penggunaannya yang antara lain diatur dalam jangka waktu pemakaian dan pembatasan kadar bila diperlukan untuk kasus-kasus tertentu.
(http://www.indomp3z.us/showthread.php?t=28157&page=13Top of Form)

Hidrokuinon termasuk golongan obat keras yang hanya dapat digunakan berdasarkan resep dokter. Penggunaan hidrokuinon lebih dari 2% adalah sebagai tambahan krim pemutih kulit. Bahaya pemakaian obat keras ini tanpa pengawasan dokter dapat menyebabkan iritasi kulit, kulit menjadi merah dan rasa terbakar.
Hidrokuinon juga dapat menyebabkan kelainan pada ginjal (nephropathy), kanker Darah ( leukemia ) dan Kanker Hati ( hepatocelluler adonema )

Mengingat kulit manusia itu beragam baik dari tipe dan sensitifitasnya Oleh karena itu produk-produk  Kartika Skin Care tidak menggunakan bahan aktif Hidrokuinon. Kartika Skin Care hanya menggunakan bahan-bahan yang sesuai dengan yang diijinkan oleh BPOM dan berdasarkan aturan yang direkomendasikan oleh dokter kosmetika.



Disusun oleh :
Ayu Utami Ningsih : Identifikasi Hidrokuinon Dalam Krim Pemutih Selebritis Night Cream Dengan Metode
Kromatografi Lapis Tipis, 2009.