Selasa, 12 Maret 2013

TIPS MEMILIH PRODUK PERAWATAN WAJAH YANG TEPAT



Menjamurnya produk perawatan wajah di pasaran , kerap membuat bingung untuk memilih, apalagi tipikal wanita Indonesia itu sering ikut-ikutan teman atau saudara dekatnya, bahkan tidak jarang terpengaruh oleh sales nya yang menawarkan produk dengan berbagai keunggulan namun belum tentu cocok dengan kondisi kulit kita.

Dan bila kita salah memilih produk perawatan wajah justru bisa menyebabkan permasalahan baru seperti jerawat ataupun vlek , yang tentunya akan menguras kantong kita.

Kita sebaiknya mendengar saran beberapa ahli kulit dan kecantikan, disini akan diurai oleh Dr.dr. M. Yulianto Listiawan SpKK dan Juliana Yu CIDESCO Dip.Int'l. sebagaimana telah dipaparkan di Tabloid Cantiq edisi Desember 2012.

DUA KATEGORI

Lantas bagaimana memilih produk perawatan wajah yang baik...?. Menurut para ahli bahwa untuk memilih produk perawatan wajah yang tepat itu seharusnya dilihat dari Jenis dan Fungsi produk tersebut. Dimana produk perawatan wajah itu terbagi menjadi dua kategori besar yaitu :

 1. PRODUK PERAWATAN DASAR.
Produk Perawatan Dasar ini mempunyai 4 prinsip dasar yaitusebagai :

A. Pembersih
B. Perlindungan
C. Perawatan
D. Pelembab

A. PEMBERSIH
Pembersihan kulit wajah dilakukan untuk mengangkat kotoran sisa-sisa make-up atau kotoran dan debu saat kita berkativitas diluar. Disamping itu pembersih juga berguna untuk 'menyiapkan" kulit wajah agar nantinya dengan mudah bisa menyerap bahan-bahan produk yang akan dioleskan berikutnya.
Pembersihan kulit wajah bisa berupa Sabun Wajah (Facial Wash), Cleanser, ataupun Toner. Yang tentunya dalam pemilihannya harus disesuaikan dengan jenis kulit.
Pembersihan biasanyadilakukan tiga kali dalam sehari, yaitu pagi dan siang sebelum menggunakan sunblock dan sebelum me-make up wajah. Serta pada malam hari setelah selesai berktivitas dan sebelum menggunakan krim malam.

B. PERLINDUNGAN
Perlindungan kulit wajah terhadap paparan sinar matahari sangat penting, karena bisa menyebabkan penurunan fungsi kulit hingga 90%. Oleh karena itu penggunaan Tabir Surya (Sunblock) ini sangat penting, dimana sunlblok itu ada berupa produk tunggal atau sudah termasuk dalam krim pagi.
Secara umum, sebaiknya penggunaan sunblock ini dimulai dari jam 09.00 - 16.00.
Perlu diketahui juga bahwa sunblock yang baik adalah sunblok yang bisa menangkis UVA dan UVB, bisanya dalam produk tercantum SPF ( sun protection factor ) sebesar 15, 30, 50. arti SPF-15 adalah bahwa produk tersebut mampu melindungi kulit dari UVB selama 3 jam, jadi seharusnya diulang lagi bila lebih dari 3 jam, namun tentunya harus dibersihkan  dengan sabun wajah, cleanser, maupun toner  lebih dahulu sebelum pemakaian sunblock.
Namun sinar matahari itu tidak hanya mengandung UVB saja, UVA juga merugikan kulit wajah, maka dari itu produk sunblock yang baik itu juga mengandung proteksi UVA yang biasanya tertulis tanda PA atau "++", contohnya  Sunblock SPF-15 ++ atau Sunblock SPF-15/PA.

C. PERAWATAN
Prinsip dari perawatan disini adalah bertujuan untuk menyehatkan dan meremajakan kulit, untuk itu bisa digunakan Krim Pagi dan Krim Malam.  Dimana krim pagi digunakan pagi dan siang hari, secara umum krim pagi bisa melembabkan kulit dan melindungi kulit jika mengandung tabir surya.
Sedangkan  krim malam digunakan sehari satu kali pada malam hari. Sebenarnyakrim malam bisa bebagai perawatan dan bisa juga digunakan sebagai perawatan kebutuhan khusus, misalnya krim malam khusus vlek.
Krim malam mampu membuat collagen kulit lebih padat sehingga kulit lebih kencang, kenyal, cerah, dan pigment lebih merata. Krim malam kadang juga mengandung pelembab sehingga berfungsi melembabkan kulit.

D. PELEMBAB
Kulit yang normal adalah kulit yang kelembabannya terjaga, sehingga perbaikan kulit wajah akan menjadi lebih terjaga. Produk pelembab ini ada yang tersendiri dan ada pula yang tergabung dalam krim pagi atau krim malam.

2. PRODUK PERAWATAN TAMBAHAN
Produk perawatan tambahan ini berfungsi untuk perawatan kulit wajah dengan masalah yang menyertainya misalnya pigmentasi atau vlek hitam, aging berupa kerut-kerut halus, jaringan parut (scar), dan jerawat (acne). Fungsi-krim malam juga sudah ada untuk mengatasi permasalahan tersebut.
Krim malam yang digunakan sebagai perawatan tambahan ini bisa disebut sebagai krim malam dengan kebutuhan khusus sebagai mana sudah dijelaskan diatas. Krim malam dengan kebutuhan khusus itu biasanya mengandung asam vitamin A, retinic acid, alpha hydroxyl acid (AHA), steroid dan hydroquinon yang tentunya kadarnya tidak berlebihan, selain itu juga mengandung vitamin A,B,C, dan E.


KONDISI KULIT WAJAH


   setelah mengetahui kategori perawatan wajah, sebaiknya kita harus mengetahui kondisi kulit kita, karena hal ini bisa menjadi acuan kita untuk memilih yang cocok dan tepat jenis perawatan yang akan kita gunakan nantinya. Ada dua jenis kulit yang berkaitan dengan permasalahn kulit yaitu :

1. Kulit Tidak Bermasalah.
Kulit dikatakan tidak bermasalah jika kondisinya sehat, tekturnya kenyal, permukaannya halus, dan kerutan serta pigmentasinya minimal bahkan tidak ada.
Untuk kulit dengan kondisi ini, maka produk yang diperlukan adalah Perawatan Dasar, mulai dari penggunaan sabun wajah, cleanser, toner, tabir surya, krim pagi hingga krim malam. Semua itu penggunaannya dioleskan atau topikal.
Tujuaan penggunan perawatan dasar itu adalah untuk menjaga kesehatan kulit yang telah bagus sehingga kita sebut sebagai tahap maintenance. Karena digunakan sebagai maintenance maka produk perawatan dasar harus digunakan setiap hari dan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu bisa digunakan oleh semua orang, tapi tentunya setiap orang harus memilih kondisi kulitnya apakah berjenis kulit normal, kering, berminyak.
Penggunaan produk perawatan dasar secara optimal akan meminimalkan permasalahn jerawat, scar, ataupun penuaan dini yang berupa keriput dan vlek. Khusus untuk jerawat, terkadang masih muncul juga meskipun kondisi kulit telah sehat, contohnya saat menjelang dan setelah menstruasi. Namun itu masih dikategorikan wajar.

2. Kulit Bermasalah.
Kulit wajah dikatan bermasalah jika terdapat tanda-tanda penuaan seperti kerutan yang cukup dalam, pigmentasi, scar, ataupun jerawat. Untuk mengatasi hal ini diperlukan produk perawatan tambahan dengan kebutuhan khusus. Krim malam biasanya ditambahankan ingredient tertentu untuk mengatasi masalah antiaging, antiacne, antiscar, dan antipigmentasi.
Namun sebelum memilih produk ini, sebaiknya harus berkonsultasi dengan tenaga ahli seperti dokter kulit atau dokter dengan keahlian estetika. Sehingga diharapkan tidak menimbulkan permasalahan baru lagi.
Karena dipergunakan sebagai Perawatan dengan Kebutuhan Khusus, maka sifat produk tersebut adalah berjangka pendek dan hanya jenis kulit tertentu sesuai dengan kulit pasien. Sehingga jika permasalah sudah teratasi maka sebaiknya harus dihentikan pengunaannya.


Demikian ulasan untuk memilih produk yang tepat......Semoga Bermanfaat.


 Regards,
 KSC Beauty Clinique
 

2 comments :

makasih untuk tipsnya.
saya lagi nyari-nyari buat perawatan wajah ini..