Selasa, 17 Juli 2012

Mengenali Jenis Kulit Wajah


 
Secara umum terdapat lima tipe kulit: normal, kering, berminyak, kombinasi, dan sensitif. Masing-masing jenis memiliki karakteristik yang berbeda dan perawatan yang berbeda pula.

Salah satu cara mudah dan sederhana untuk mengenali jenis kulit adalah dengan mengusapkan tisu wajah pada bagian muka di pagi hari, ketika Anda benar-benar baru bangun. Hasilnya akan terlihat berbeda dan menentukan kulit Anda masuk tipe yang mana.

Kulit Normal
Jika kulit Anda termasuk kulit normal, maka tisu tersebut tidak akan meninggalkan bekas minyak. Kulit Anda termasuk cantik, elastis, dan kenyal. Tipe kulit ini termasuk kulit dengan kualitas terbaik dan paling sedikit bermasalah. Kulit ini biasanya terlihat bersih dan halus. Anda sepertinya tak perlu beraneka ragam perawatan untuk menjaga kulit tetap sehat. Namun, tetap lakukan perawatan dasar seperti membersihkan dengan susu pembersih agar kulit makin cantik.

Kulit kering

Jika Anda memiliki kulit kering, maka kertas akan tetap kering dan tidak meninggalkan minyak layaknya kulit normal. Hanya saja setelah tisu disapukan, maka wajah akan berasa kering dan kencang, bahkan kadang terasa pecah-pecah. Kulit kering akan mudah menimbulkan kerut di wajah. Cara perawatannya adalah dengan sabun pembersih yang mengandung free emollient. Selain itu Anda juga wajib menggunakan krim pelembab sepanjang hari, baik siang maupun malam. Dan ingat, jangan menggosok kulit wajah terlalu keras, karena bisa menimbulkan luka atau iritasi.

Kulit berminyak
Tipe kulit ini cukup mudah dikenali.  Ketika Anda menyapukan tisu ke wajah, maka akan ada noda minyak. Bagian yang cukup banyak mengandung minyak adalah dagu, hidung, dan dahi. Kulit berminyak memang cukup bermasalah, karena wajah akan terlihat mengkilap, dan cenderung berjerawat. Cara perawatannya adalah menggunakan pembersih ringan bebas minyak dan pelembab water-based pada wilayah T zone, yaitu dahi, hidung, dan dagu.

Kulit Kombinasi

Sama seperti kulit berminyak, ketika tisu disapukan maka akan meninggalkan minyak terutama di daerah dahi dan hidung. Tapi justru kering ketika disapukan di daerah dagu. Kulit kombinasi adalah kombinasi kulit kering dan berminyak. Perawatannya dibutuhkan kombinasi juga antara kulit kering dan berminyak. Untuk bagian berminyak gunakan toner, sementara untuk bagian kering gunakan pelembab.

Kulit sensitif
Kulit sensitif cenderung sangat kering dan mudah iritasi. Kulit iritasi adalah tipe paling bermasalah dan paling rapuh dibanding jenis kulit yang lain. Kulit ini memerlukan perawatan ekstra dibanding jenis kulit lain. Perawatannya sebaiknya menggunakan produk-produk hypoallergenic yang tidak memiliki aroma wangi. Hati-hati dengan perubahan cuaca yang ekstrim. Sebaiknya kurangi mengonsumsi banyak  makanan pedas. Hindari pula menggunakan air panas saat membersihkan wajah. Aplikasikanlah krim tabir surya dengan kandungan SPF 30 pada bagian wajah dan tubuh.

Perawatan sesuai dengan jenis kulit akan menjadi kunci sukses kulit Anda bisa tampil cantik dan tetap sehat. Tapi ada hal lain yang tak kalah penting selain perawatan dari luar, yaitu perawatan dari dalam. Konsumsi makanan sehat seperti memperbanyak sayuran dan mengkonsumsi air putih setidaknya dua liter perhari. Konsumsi juga suplemen Vitamin E yang sangat baik untuk peremajaan kulit.

semoga bermanfaat......


Regards,
KSC Beauty ---
 






sumber : Merck