Kamis, 14 Maret 2013

Penyebab "Mata Panda"



Munculnya lingkaran hitam atau "dark circle" di seputar mata atau bisa kita sebut dengan "Mata Panda" tentunya sangat mengganggu, oleh karena itu kita sebaiknya mengetahui dahulu penyebab mata panda ini.
Lingkaran hitam di seputar mata pada dasarnya disebabkan oleh sejumlah faktor, seperti genetik, kurang tidur, konsumsi alkhol, atau punya penyakit dalam lainnya. Sehingga menyebabkan kulit menjadi ter-dehidrasi dan tipis, sehingga pembuluh darah terlihat lebih biru.
Selain itu paparan sinar matahari, penuaan dini karena berkurangnya kolagen yang menyebabkan kulit jadi tipis dan kendur, disamping itu konsumsi Pil KB juga bisa menyebabkan melebarnya pembuluh darah.
Alergi adalah penyebab lain dari timbulnya lingkaran gelap di bawah mata Anda. Ketika Anda menggaruk mata yang gatal, hal ini membuat kulit menjadi iritasi dan memecahkan pembuluh kapiler yang kecil di bawah kulit. Menyebabkan bengkak dan perubahan warna. Jadi, hati-hati jika menggaruk mata Anda. Pengobatan medis di Cina menyatakan bahwa lingkaran hitam bawah mata merupakan tanda kelemahan dalam kinerja ginjal manusia. Kelemahan ginjal ini diakibatkan kelelahan dan kurang istirahat serta relaksasi. Dalam pengobatan Cina, ginjal juga mampu mengeluarkan hormon pigmen melanin, dikatakan bahwa ginjal yang tidak sehat memproduksi dan akhirnya menumpuk pigmen di sekitar bawah mata dan tempat lain di sekitar wajah.
Kekurangan vitamin K dan antioksidan juga merupakan salah satu akibat timbulnya lingkaran gelap di bawah mata. Apalagi kosmetik-kosmetik zaman sekarang yang justru membuat Anda kekurangan vitamin. Kekurangan zat besi juga dipercaya menjadi penyebab timbulnya lingkar hitam bawah mata. Lingkar hitam bawah mata juga terjadi secara alamiah, semakin kita tua, kulit kehilangan kolagen sehingga menajdi tidak kencang, berkerut dan menipis.

Sekarang bagaimana cara mengatasinya masalah tersebut....?,  ada beberapa tips untuk mengatasi mata panda ini, dan diklasifikasikan sampai 3 cara yaitu :

A. Secara Topikal 
coba gunakan krim yang mengnandung bahan pencerah, seperti vitamin C, asam kojic, Alpha Hydroxy Acid, dan bahan antioksidan seperti blueberry atau teh hijau.
B. Secara Oral
Apa yang Anda makan mempengaruhi kesehatan anda. Diet sehat, minum banyak air, pastikan mengkonsumsi banyak vitamin, buah-buahan dan sayuran terutama bayam. Makanlah dua gelas bayam organik yang fresh setiap hari. Sebagai tambahan, makan segengam kacang almond (unsalted dan unroasted) sebagai camilan. Hindari makan yang asin. Juga Pir Asia atau Fuji, telah lama digunakan oleh ahli pengobatan Cina sebagai obat untuk mencerahkan lingkaran bawah mata. Vitamin C dan antioksidannya mampu melindungi sel-sel kulit.
C. Secara Tindakan
Maksud dari tindakan disini adalah suatu hal yang dilakukan sendiri oleh kita, yaitu :
  • Istirahat yang cukup, dengan istirahat yang cukup dan berkualitas maka peredaran darah akan lancar sehingga badan menjadi segar dan lingkaran hitam berangsur-angsur akan hilang.
  • Hindari minum alkhol dan merokok, disamping tidak baik untuk kesehatan, juga menyebabkan lingkaran hitam menjadi tampak jelas.
  • General Check-Up, hal ini untuk mengetahui ada atau tidaknya penyakit dalam yang diderita, khususnya ginjal dan liver.
  • Hindari stress, perbanyaklah olah raga pagi khususnya mulai jam 5 - 6 pagi, cukup jogging atau relaxasi badan.

Semoga Bermanfaat.....

Regards,
KSC Beauty Clinique