Selasa, 16 Agustus 2011

Part 1 : Vitamin A , Kaitannya Dengan Perawatan Wajah


Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin larut dalam lemak yang berperan penting dalam pembentukan sistem penglihatan yang baik.
Terdapat beberapa senyawa yang digolongkan ke dalam kelompok vitamin A, antara lain retinol, retinil palmitat, dan retinil asetat. Akan tetapi, istilah vitamin A seringkali merujuk pada senyawa retinol dibandingkan dengan senyawa lain karena senyawa inilah yang paling banyak berperan aktif di dalam tubuh. Vitamin A banyak ditemukan pada wortel, minyak ikan khususnya di hati ikan Cod dan Hiu, serta beberapa minyak sayur.

Vitamin A mempunyai 2 bentuk aktiv yang bisa dicerna oleh badan yaitu Beta Karotine dan Retinil Palmitat. Dimana Beta-Karotine banyak ditemui di makanan nabati sedangkan Retinil Palmitat banyak didapat di makanan hewani.



Dalam dunia Kosmetika, Vitamin A dapat dikatakan sebagai keratinization regulator, membantu peningkatan, penegasan sekaligus pelembutan tektur kulit. Ester Vitamin A salah satu didalam kulit yang berubah menjadi retinoic acid dan penyedia bahan antiaging. 

Vitamin A dipercaya menjadi sebuah essensial yang berguna untuk fungsi dan peremajaan sel kulit. Sebagaimana diketahui bahwa kulit lama-kelamaan mengalami kemerosotan di lapisan tipis dermal, dan kulit akan menjadi tebal dan kering. Maka permukaan aplikatif dari vitamin A bisa membantu mencegah pengeringan dan scaliness, sehingga menjaga kesehatan kulit, pembersih , dan anti infeksi. Kegunaan vitamin A akan bertambah lagi jika dikombinasikan dengan vitamin E.

Beta Karotin 
Dikenal sebagai anti-oksidan, hal ini diperlihatkan dalam photoprotection terutama sekali kita diambil dalam proses internal. Berguna dalam pengeringan dan pengelupasn kulit, disamping itu Beta Karotin ini bisa juga digunakan sebagai pewarna adiktif yang berwarna kuning-oranye. Kandungan beta karotine banyak ditemui di sayur dan buahan yang mengandung pigment kuning-oranye, seperti di wortel, mangga, jeruk dan buah aprikot. Namun saat ini juga diperoleh secara sentetis dalam manufaktur.

Vitamin A Palmitate 
Dikenal sebagai "Pembuat normal" kulit. Bertindak sebagai agen anti-keratinizing., anti-oksidan, membantu kulit tetap lembut dan kenyal, dan meningkatan isian di area water-barrier. Akibatnya jika adanya peningkatan di area water-barrier ini  berguna untuk anti-pengeringan, anti pemanasan, dan anti polutan di permukaan kulit, juga disarankan dalam tabir surya. 

Secara studi klinis, tentang vitamin A Palmitate ini diindikasikan secara signifikan mengubah dalam komposisi di kulit yaitu meningkatkan collagen, DNA, ketebalan dan elasitas kulit. Stabilitas Vitamin A Palmitate ini ikenal dengan Retinol

Semoga Bermanfaat...

Regards,
KSC Beauty ---



sumber :  Milady's, "Skincare and Cosmetic" dan wikipedia.