Sabtu, 06 Agustus 2011

Melasma



Apakah Melasma itu ?
Melasma adalah suatu peningkatan pewarnaan yang diperoleh secara umum  terjadi secara eksklusif didalam area paparan matahari.. Warna kecoklat-coklatan tersebut diperburuk oleh paparan matahari, disamping itu penyebab lainnya adalah kehamilan, pil kontrasepsi, dan anti-epilepsy obat atau racun tertentu.

Melasmais umumnya terjadi terutama pada wanita-wanita yang sudah berumur.
Namun, hasil survey juga membuktikan bahwa 10% kasus telah dilaporkan terjadi juga pada laki-laki yang sudah berumur, dan ada suatu keunggulan antara Orang Ras Latin dibandingkan Orang Ras Asia.
Melasma lebih nyata penyebabnya terjadi setelah periode paparan matahari dan lebih sedikit terjadi pada waktu musim dingin bulan, dimana saat paparan matahari sedang berkurang.

Satu dari tiga orang yang terkena Malesma ini pada umumnya mempunyai wajah yang berpola symetrical.
yang paling umum adalah suatu pola centrofacial dimana banyak terjadi di pipi, dahi, bibir atas, hidung, dan dagu. Dan Secara umum sedikit berpola malar, dimana terjadi sedikit di pipi dan hidung, serta pola mandibular yang terjadi di bagian rahang bagian bawah, Melasma juga terjadi pada lengan bawah, tetapi hal ini sangat jarang terjadi.

Apa Penyebab Melasma ?
Melasma telah ditenggarai penyebabnya bisa dari kehamilan, pil kontrasepsi, kelainan fungsi tubuh, faktor keturunan, pengobatan, kekurangan gizi, kelainan fungsi tubuh hepatic, dan faktor lainnya . Namun Mayoritas kasus nampak berhubungan dengan kehamilan atau pil kontrasepsi. Ketidakseringan melasma di saat postmenopausa pada wanita-wanita saat adanya perubahan hormon estrogen membuktikan bahwa estrogen sendiri bukanlah penyebab utama.

Dalam pengalaman terakhir, perawatan kombinasi yang menggunakan estrogen progestational agent lebih banyak digunakan oleh wanita-wanita postmenopause , serta beberapa wanita-wanita yang lebih tua ini dimana yang tidak mempunyai melasma selama masa kehamilan mereka.
Paparan Matahari akan nampak seperti suatu faktor rangsangan didalam kulit di setiap individu yang dipengaruhinya. Walaupun beberapa kasus di dalam keluarga-keluarga telah diteliti bahwa melasma tidak dipertimbangkan secara turun-temurun.

Perawatan  Melasma
Perawatan melasma yang sukses melibatkan tiga serangkaian cara yaitu menggunakan Tabir Surya,
Pemutih dan lama perawatan. Menurut riset yang dilaksanakan oleh Dr. Tanda B. Taylor, menyatakan bahwa jenis cuka alfa hydroxy tertentu , yang dikenal sebagai cuka mandelic telah menunjukkan untuk peningkatan suatu jenis melasma yang bersifat resistant terhadap pokok-pokok perawatan, di dermal melasma.
Beberapa produk perawatan kulit menyediakan sediaan dengan jenis asam ini. Sebab asam alfa hydroxy ini juga aman pada Ras Latin dan Ras Kulit Asia, yang dapat juga diperlakukan sebagai suatu perawatan yang memungkin untuk melasma.

Tabir Surya adalah faktor yang paling utama. Tanpa penggunaan tabir surya secara harian menyebabkan perawatan akan gagal ( penggunaan spectrum yang luas dengan SPF diatas 30 sudah lebih dari cukup ). Pemutih ( Whitening ) yang  meliputi 2% atau 4% kandungan hydroquinone atau
menggunakan kombinasi antara Aloe-vera dengan 3% hydroquinone merupakan salah satu solusi.

Setidaknya secara normal 2 bulan diperlukan untuk mulai perawatan dan melihat hasilnya serta setidaknya sampai 6 bulan untuk melengkapi proses perawatan. Sekali lagi ketika epidermal melasma dibersihkan sampai dilakukan pengujian dengan "Wood's Lamp" bila telah tampak bersih, hydroquinone dan tretinoin harus dihentikan.

Bagaimanapun, pemggunaan tabir surya tetap harus dilanjutkan sampai sedikitnya satu musim lagi untuk mengurangi resiko kambuh. Dermal melasma terkadang tidak bereaksi terhadap perawatan tersebut diatas, terkecuali  dengan solusi asam mandelic. Bisa juga, melasma akan pelan-pelan menghilang mengikuti kelahiran bayi atau penggunaan pil kontrasepsi yang dihentikan.

Jadi jika kita mempunyai problem Malesma bisa dilakukan tahapan dan saran diatas serta lebih baik konsultasi kepada Ahli Estitika yang berkualitas.

Sumber  : Terjemahan bebas dari SkincareRX