Senin, 06 Juni 2011

KONSULTASI DOKTER : Pakai Pil KB kog malah Muncul Bintik-bintik di Wajah


Tanya :
1. Apakah Pil Kontrasepsi bisa menyebabkan munculnya bintik-bintik diwajah ?
2. Produk Kosmetika apa yang bagus ?


Jawab :
Adanya bintik-bintik hitam setelah memakai Pil KB hal ini bisa menyebabkan Melasma.  Melasma adalah kelainan pada kulit yang sering sekali terjadi pada wanita setelah kehamilan. Biasanya terjadi pada bagian tubuh yang sering terpapar matahari yaitu wajah, leher, dan tangan.
Semua ras di dunia bisa terkena maslah melasma ini, terutama Asia dan Latin. Faktor penyebab Melasma adalah Kehamilan, Pil KB, Kosmetika, Obat-obatan, Genetik, Defisiensi, Gizi, Kelaian Endokrin, Kelainan Fungsi Hati, dan Idiopatik (tidak diketahui ).
Karena salah satu faktor penyebab utama melasma adalah Kemahmilan dan Pil KB, maka dalam menjalani terapi untuk menghilangkan melasma salah satunya adlah mengganti metode kontrasepsi pil ke hormonal lainnya, seperti  KB Suntik dengan IUD atau Sterilisasi.
Selain itu juga hindari paparan sinar matahari secara langsung, oleh karen itu disarankan menggunakan tabir surya dengan broad spectrum (UVA+UVB) dengan minimal SPF-30. Perlu diberi penjelasan kepada penderita bahwa tidak semua bercak hitam berpigmentasi responsif terhadap pengobatan, adakalanya pengobatan dilakukan terus-menerus karena penderita tidak bisa menghindari penyebab melasma ini.
Saat ini, pengobatan melasma yang paling responsif adalah menggunakan krim-krim topikal yang mengandung bahan pemutih seperti hidrokuinon dan Asam Vitamin A (keduanya harus dibawah pengawasan dokter), kojic acid, azelaic acid, licorice, dan vitamin C.
Pengobatan secara sistemik ( bersifat antioksidan) adalah dengan pemberian vitamin C dosis tinggi minimal 1 gram sehari, bisa melalui oral maupun injeksi, namun ini harus benar-benar pengawas dokter. Pengobatan oral lainnya adalah dengan pine bark yang terbukti ampuh mengurangi pigmentasi kulit.
Pengobatan lainnya adalah dengan tindakan Chemical Peeling, Silk Peel Dermal Infusion dan Laser Pigmentasi yang menggunakan laser Q-Switched Nd:YAG.


Semoga Bermanfaat......

Regards,
KSC Beauty Clinique