Senin, 06 Juni 2011

KONSULTASI DOKTER : Cara Mengecilkan Pori-Pori Pada Wajah







Tanya :
1. Apa penyebab pori-pori wajah menjadi besar ?
2. Bagaimana cara pencegahannya ?
3. Adakah cara alami untuk mengecilkan pori-pori wajah ?

Jawab :

Pada dasarnya pori-pori kulit wajah yang besar bisa disebabkan oleh aktivitas kelenjar sebum yang berlebihan, umumnya hal ini terjadi pada jenis kulit yang berminyak. Selain itu bisa juga karena pengaruh hormon. Pada pria, pori-pori kulit wajah cenderung lebih besar daripada perempuan.
Penyebab lainnya adalah karena berkurangannya Collagen (jaringan penyangga kulit), terutama pada proses photoaging atau penuaan dini. Berkurangnya kolagen memyebabkan berkurangnya jaringna penyangga, sehingga kulit tampak kendur dan pori-pori kulit lebih terbuka (besar).
Untuk mengatasi pori-pori kulit yang besar ini kita bisa menggunakan dengan pemakaian krim-krim yang bisa menekan aktivitas sebum atau yang bisa merangsang pembentukan kolagen, seperti asam vitamin A dan vitamin C. 
Tindakan sederhana dirumah adalah dengan pemakaian masker yang mengandung garam mineral, minyak, dan extrac bothanical, menthol, magnesium sulphate, oatmeal, dan aloe vera. Akan tetapi perlu diperhatikan terhadap efek iritasi dan alergi pada pemakaian masker ini, sebaiknya hindari pemakaian saat kulit mengalami peradangan.
Teknik terkini untuk mengecilkan pori-pori adalah dengan laser rejuvenation menggunakan laser Q-Switched Nd:YAG atau laser resurfacing yang menggunakan laser fractional CO2. Kedua teknik tersebut merangsang pembentukan kolagen, sehingga tektur kulit lebih halus dan pori-pori akan mengecil dengan sendirinya.
 
 semoga bermanfaat....

Regards,
KSC Beauty Clinique